Jalan-Jalan Jogja

Wahaha.. setelah sekian lama nggak posting, akhirnya baru kesempatan. Maklum tugas bejibun, terjemahan-presentasi-terjemahan-dolan. Dan yak! Postingan edisi akhir tahun kali ini aku mau share pengalaman dolan ke Jogja, siapa tahu bisa jadi referensi wisata. Akhirnya setelah melalui diskusi alot buat nentuin kemana rombonganku bakalan dolan, Ari, temanku dari Jakarta usul mantai, dengan suka rela dia provide semua kebutuhan trip kali ini. (Wahaa, kapan lagi ada yang ngurusin tiket blabla). Kita putuskan trip kali ini ke  Pantai Nglambor, Tubing Pindul ama Bukit Bintang. Yup, semuanya ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. temenku Ari ini semangat banget nyiapin segala hal. Mulai dari destinasi apa aja yang bisa kita jajalin, tiket masuk, transport sampe nyewa alat-alat snorkeling dll, wuiih udah berasa dapet tour guide plus tour leader gratis vroh! (Thanks in advance, Ri!). jadi Kita cus itu hari Minggu tanggal 13 Des 2015, kita jalan ber-delapan, 3 cowok 5 cewek. Berangkat dari kampus tercintah UNS Solo jam 6 pagi. Aku saranin lebih pagi ya gaes, secara jalanan sekarang macet dimana-mana apalagi pas liburan. Alhamdulillah transport jalan-jalan kali ini di support sama adik tingkat kita, karena dia punya mobil pribadi, lumayanlah bisa hemat di transport daripada sewa diluar 500ribu lebih. pakai mobil pribadi, 300ribu udah bisa PP Solo-GK. Biar lebih enak jalannya, destinasi awal kita tubing dulu ke PINDUL. Ari ternyata udah janjian sama salah satu provider wisata di Pindul by online. Haha.. canggih ternyata, baru tahu lho. Biaya tubing Pindul cukup 35ribu ajah, udah dapet pemandu, ban karet sama pelampung, belum termasuk waterproof pocket ya kalau mau bawa kamera. Terjangkau kan.. kalau bingung jalan ke pindul (soalnya belok-beloknya susah) lebih baik pesan dulu lewat website (cari aja Panca Wisata) kalian bakal di jemput di titik tertentu. oiya, selama perjalanan menuju goa pindul, kita disuguhi buanyakk calo-calo info tentang goa pindul, kita jalan aja di tawarin lho, gilee.. berasa mau dibegal. Haha.. kalo lewat calo pasti lebih mahal. tepat jam 10 kita sampai di Pindul, langsung ajaa kita antri buat tubingnya. Tubing disini maksudnya menyusuri goa sambil duduk diatas ban karet besaar.. nah sambil menyusuri, pemandu menjelaskan sejarahnya goa pindul dan mitos-mitos yang ada didalamnya.
narsis dulu sebelum tubing

Panjang tubing sekitar 2 km, selama 20 menit kita berjajar menyusuri tubing bebarengan dengan rombongan lain (settt dahh, rame banget yang tubing) soalnya antara ban satu dengan ban lain harus dipegang satu sama lain, kalau enggak, siap-siap aja deh ngapung sendiri. haha.. di akhir perjalanan, pemandu nawarin kita mau berenang atau enggak, disini udah mulai cetek katanya. buat yang bisa berenang sih oke oke aja ya, yang gak bisa renang ya paling nyebur doang soalnya cetek, eehh.. ternyata yang cetek sebagian spot doang. dari spot situ ke bibir muara cukup jauh dan daleemm.. 7 meter bo! teman-temanku yang ga bisa renang dan udah turun dari ban pun panik! 2 teman cewekku teriak-teriak minta gendong pemandu, dengan sedikit panik mereka pegangan ban yang ngapung dibantu pemandu, ya kalii pemandu gendong beneran yang ada kelelep semua. Gosh.. untungnya aku dikit-dikit bisa renang, tapi tetep panik juga sih soalnya first time renang di sungai dalem jadi pikirnya entar ada buaya atau apalah. Dan aku lupa kalo aku bawa hape. Alamakk...piye iki, belum mengabadikan moment di pantai udah rusak. SLR yang dibawa temenku pun juga ikutan renang - halah laah.. tapi kok aku nggak ngrasa sedih atau nyesel gitu, rasanya puass udah main-main ama air. Berasa lupa kalo hape rusak.
SLR dalam plastik

OK.. forget it, now.. we are moving to Nglambor!! nggak begitu jauh dari Pindul, kira-kira 1 jam-an. Duhur kita sampai di Nglambor, ternyata pantai ini termasuk pantai baru, karena sekitar Maret 2015 Nglambor dibuka untuk umum karena adanya spot snorkeling yang lumayan bagus. Dari tempat parkir, ke bibir pantai kita harus naik ojek dulu karena jalannya yang belum rata dan masih berbatu kapur, cadasss bets! berasa aerobik diatas ojek, tapi kalo mau jalan yo rapopo sih. Ojek dibanderol 5ribu ajah sekali jalan. Daan... walaa.. Sejauh mata memandang, hamparan segara menyambut kamii. Meski belum tertata rapi untuk fasilitas shelter makanan, pantai ini lumayan laah. Dari 8 orang, cuma bertiga yang snorkeling, Aku dan 2 temanku, Intan dan Bella. Yang lain ogah-ogahan alesan panas lah, ada bulu babinya lah. Yaelah.. mau main ya main aja. Bodo amat deh pentng bisa nyobain rasanya snorkeling di laut. Snorkel di Nglambor nggak bahaya kok, pantainya yang agak jauh dari dari deburan ombak - mungkin karena lebarnya karang dangkal yang sedikit menjulang ke permukaan dan karang super besar disebelah kanan lansekap berbentuk kura-kura, membuat pengunjung bisa bebas berenang tanpa takut terseret.

Cukup 80ribu, kita udah bisa dapet paket hemat snorkeling; kacamata snorkel, sepatu, dan Go Pro alias foto underwater. Foto sebebas-bebasnya sampe pemandu foto capek ngarahin kamu dapet angle bagus sama ikan laut. Eits.. hati-hati yaa..disini banyak ubur-ubur kecil macam di spongebob, nyetrum gengs. Haha.. aku dan teman-teman sampe gatel gatel. Tapi sumpaah.. it was sooo exciting! I mean it!! dan nggak kerasa udah 5 jam kita main air. berhubung udah sore, kita memutuskan sekalian menikmati sunset ditemani semangkuk mi kari, nom-nom.. Hidup ini perlu dinikmati sekali, dua kali dan berkali-kali. Destinasi terakhir adalah bukit bintang, sekalian menuju arah pulang ke Solo. letaknya di pusat kabupaten Gunung Kidul atau setelah papan sologan Gunung Kidul Handayani, jadi lumayan rame kalau malem. yang biasanya bintang diatas, ini dibawah. Sekedar menikmati angin malam Jogja, kita melihat kelap-kelip lampu kota Jogja dari ketinggian. Cantik deh.. buat lebih berasa, kita pesan nasi goreng sambil ngobrol ngalor ngidul. Berasa lupa kalo besok padahal harus presentasi bisnis marketing. Biar nggak stress, ada kalanya kita perlu bodo amat terhadap apapun ya. Pokoknya hidup sehidup-hidupnya..
Sekian ceritaku kali ini, insyallah aku akan posting cerita lain. Ciao!